Mesin Mobil Overheat? Berikut 3 Penyebabnya

Mesin Mobil Overheat? Berikut 3 Penyebabnya

Overheat merupakan sebutan yang merujuk pada kondisi dimana mesin mobil mencapai temperatur yang cukup tinggi. Kondisi tersebut dapat menimbulkan berbagai masalah, salah satunya mesin mobil yang bisa mati secara mendadak.

Umumnya overheat dapat terjadi setelah mobil digunakan untuk menempuh perjalanan jauh, dan pemilik mobil menganggap hal ini merupakan hal lumrah yang kerap terjadi.

Padahal, jika kondisi ini terjadi secara terus menerus bukan tak mungkin akan mendatangkan masalah pada mesin kendaraan. Lalu sebenarnya apa saja penyebab mesin mobil overheat?

Hati Hati Jika Mesin Mobil Overheat

1. Menggunakan Oli Berkualitas Buruk

Tak sedikit pedagang yang menawarkan oli dengan harga yang terbilang lebih murah dari harga standar, namun mereknya tidak jelas begitu pula dengan kualitas olinya. Padahal, memilih oli yang abal-abal dapat mendatangkan dampak buruk bagi kendaraan, karena umumnya oli berkualitas buruk tidak akan kuat terhadap panas sehingga oli akan cepat menguap.

Hal tersebut membuat mesin yang tidak terlumasi dengan oli berpotensi mengalami gesekan kuat, dan berdampak pada overheat.

2. Radiator Mengalami Kerusakan

Radiator merupakan salah satu komponen vital dalam mobil Anda, karena berperan untuk mengelola suhu mesin mobil. Jika komponen ini mengalami masalah, maka akan berdampak pada sistem pendinginan yang menjadi kacau sehingga menyebabkan mesin mobil overheating.

Masalah yang kerap muncul pada radiator umumnya dikarenakan adanya kotoran yang menyumbat saluran. Selain itu sobek atau kebocoran pada selang radiator juga dapat menghambat distribusi cairan pendingin.

3. Thermostat Tidak Berfungsi

Selain karena faktor oli dan radiator, thermostat yang tidak berfungsi dengan baik juga menjadi salah satu penyebab mesin mobil mengalami overheat.

Thermostat sendiri merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengukur suhu yang berada di dalam mesin mobil. Jika alat ini tidak berfungsi sebagaimana mestinya, dapat menyebabkan sirukulasi air pendingin yang terganggu sehingga panas semakin naik dan menimbulkan overheat mesin.

Ciri-Ciri Mobil Mengalami Overheat

– Tenaga dan performa mesin menjadi berkurang ketika suhu mesin sudah sangat panas
– AC mobil tiba-tiba menjadi panas
– Temperatur pada gauge menunjukkan suhu yang lebih tinggi dari suhu normal
– Dalam kondisi yang parah, oli dapat berubah warna menjadi kecoklatan karena bercampur dengan air yang berasal dari kebengkokan cylinder head

Demikianlah 3 penyebab yang membuat mesin mobil Anda mengalami overheat. Karena itulah Anda perlu melakukan service secara berkala, agar mobil kesayangan selalu dalam kondisi baik dan prima.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *