Merawat Motor Matic Dengan Tepat dan Teliti

Motor matic adalah salah satu motor yang paling banyak digemari dan digunakan di Indonesia untuk berbagai kalangan. Teknologi injeksi yang ada di mesin sering menjadi unggulan karena mampu membuat bahan bakarnya lebih irit daripada sebelumnya.

Yang terpenting juga dalam merawat motor matic ini agar selalu mendapat performa terbaik dan merawatnya agar selalu terjaga. Secara teknologi lain, motor matic memang jauh lebih praktis karena tidak perlu melakukan oper gigi saat menggunakannya.

Selain itu, umur motor injeksi jauh lebih awet dibanding dengan motor sebelumnya yang menggunakan karburator. Karena itu, anda tetap harus memperhatikan benar baik dalam perawatan mesin serta komponen motor lainnya.

Merawat Motor Matic

Merawat Motor Mesin Matic

Dalam merawat motor matic, berikut ini cara yang ada :

1. Mengganti oli mesin secara berkala

Cara cepat pertama untuk menjaga kondisi dan performa motor dengan melakukan ganti oli rutin sesuai aturan. Biasanya dalam mengganti oli, pastikan setelah mencapai tambahan 1500 hingga 2000 untuk menggantinya. Hal tersebut juga mencegah komponen motor tidak mudah terkena aus atau terjadi kerusakan di dalamnya.

2. Mengisi secara rutin bahan bakar

Jangan pernah anda mengabaikan kondisi bahan bakar yang mencapai habis, karena itu sangat merusak motor injeksi. Menjaga bahan bakar motor matic juga membantu agar motor tidak mengalami mogok atau macet karena mesin tidak mendapat bahan bakar. Yang penting juga adalah untuk menggunakan bahan bakar murni tidak dengan oplosan agar motor injeksi tetap terjaga performanya.

3. Memanaskan mesin

Baik mesin karburator atau injeksi harus selalu anda perhatikan mesin agar bahan bakar terbakar secara optimal dan baik. Selain membantu dalam bahan bakar, memanaskan mesin juga berguna untuk oli agar dapat melumasi seluruh mesin secara baik. Untuk memanaskan mesin, lakukan secara rutin setiap hari sekalipun motor tidak digunakan. Dengan begitu, temperatur atau suhu mesin bisa diukur dan lihat secara berkala.

Setelah anda mengetahui hal tersebut, maka anda harus menjaga selalu kondisi motor agar baik ketika digunakan. Selain itu, dengan menjaga kondisi motor akan membantu anda dalam meringankan biaya dan berhemat. Pastikan selalu anda lakukan tersebut dengan teliti dan rutin agar selalu mendapatkan performa terbaik pada motor dan mesinnya.

Leave a Reply