Mengulik Taman Hiburan Candi Prambanan di Jawa Tengah yang Sangat Ikonik

Mengulik Taman Hiburan Candi Prambanan di Jawa Tengah yang Sangat Ikonik

Candi Prambanan adalah candi Hindu terbesar di Indonesia, dan kedua terbesar di Asia tenggara. Candi Prambanan diperkirakan dibangun pertengahan abad ke-9, oleh raja balitung Maha sambu dari wangsa Sanjaya.

Mengulik Taman Hiburan Candi Prambanan di Jawa Tengah yang Sangat Ikonik
Sumber: https://travel.kompas.com/read/2021/11/17/141400327/candi-prambanan-terima-kunjungan-anak-usia-di-bawah-12-tahun?page=all

Dugaan ini berdasarkan isi Prasasti Siwagrha yang berangka tahun 778 Saka (856 M) yang ditulis di masa pemerintahan Rakai Pikatan, Maharaja kerajaan Mataram kuno. Prasasti ini sekarang berada di museum Nasional Jakarta, Candi Prambanan berbentuk persegi panjang yang terdiri dari halaman luar, dan tiga pelataran yaitu: pelataran luar alias Jaba, pelataran tengah alias Tengahan, dan pelataran dalam alias Njeron.

Yang berisi Candi saat ini tinggal pelataran dalam. Terdapat tiga candi menghadap ke timur yaitu: Candi Wisnu terletak paling utara, Candi Siwa di tengah, dan Candi Brahma di selatan.

Terdapat tiga candi wahana yang menghadap ke barat yakni: Candi Garuda berhadapan dengan Candi Wisnu, Candi Nandi berhadapan dengan Candi Siwa, Candi angsa berhadapan dengan Candi Brahma. Ketiga Candi wahana tadi ternyata merupakan kendaraan dari Candi dewa dihadapannya.

Candi Prambanan dibangun dengan tujuan menghormati Trimurti yaitu Dewa Brahma sang pencipta, Dewa Wisnu sang pemelihara, dan Dewa Siwa sang pelebur.

Kompleks Candi Prambanan memiliki lebih dari 200 Candi, sehingga ditetapkan sebagai salah satu Situs Warisan Budaya Dunia UNESCO yang tertinggi dan terbesar mencapai 47 meter ialah Candi Siwa yang di dalamnya nya terdapat arca Roro Jonggrang.

Di situs Candi Prambanan dapat dilihat pahatan cerita-cerita Hindu di dinding candi, di sini pengunjung dapat menikmati kisah tentang Roro Jonggrang Ramayana dan Bhagarata Parana.

Untuk jam buka dari taman hiburan wisata Candi Prambanan ialah sebagai berikut:

– Jam Operasional Candi Prambanan: 08.00 – 17.00 WIB

– Jam Penukaran Tiket: 08.00 – 16.00 WIB

– Jam Buka Gerbang Parkir: 06.30 – 16.00 WIB

– Jam Kunjungan untuk Zona 1: 08.00 – 15.00 WIB

Untuk harga tiket yang baru berlaku saat ini dan berlaku umum untuk usia diatas 3 tahun:

– Tiket Untuk Wisatawan Domestik: Rp.50.000,-

– Tiket Untuk Wisatawan Mancanegara: Rp.362.500,-

Demikianlah info tentang Candi Prambanan Jawa tengah semoga bermanfaat untuk Anda yang ingin mengunjunginya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.