Gejala, Penyebab, Pengobatan, dan Pencegahan Influenza dari SehatQ.com

Gejala, Penyebab, Pengobatan, dan Pencegahan Influenza dari SehatQ.com

Sistem pernapasan memiliki peran yang cukup penting dalam tubuh manusia. Saat terjadi gangguan, aktivitas seseorang akan sangat terganggu. Salah satu penyakit yang menyerang sistem pernapasan manusia adalah influenza. Meski terlihat seperti flu pada umumnya, akan tetapi jika sudah muncul komplikasi, risikonya juga tidak main-main.

Gejala-Gejala Influenza

Ada beberapa gejala yang akan dialami oleh penderita influenza. Gejala tersebut antara lain badan pegal-pegal, nyeri kepala, demam di atas 38 derajat celcius, mudah lelah, batuk kering, hidung tersumbat, sakit tenggorokan, dan nyeri otot. Jika Anda merasakan gejala-gejala di atas, sebaiknya segera pergi ke dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut sebelum telanjur menjadi lebih parah.

influenza merupakan salah satu penyakit yang menyerang sistem pernapasan

Penyebab Influenza

Umumnya, penyakit flu disebabkan virus yang menyebar di udara ketika seseorang batuk, bersin, atau berbicara. Virus ini juga bisa menyebar melalui benda-benda seperti telepon, gagang pintu, dan lain-lain. Ketika orang sudah pernah terkena penyakit ini, biasanya tubuh akan membuat antibodi untuk melawannya. Akan tetapi, tubuh ini tidak bisa melindungi dari strain virus baru.

Beberapa faktor yang mempengaruhi seseorang dapat terkena penyakit ini adalah usia, kondisi lingkungan, sistem imunitas tubuh, riwayat penyakit kronis, dan obesitas. Inilah yang menyebabkan kemungkinan orang terserang flu berbeda-beda.

Mengobati Influenza

1. Berkumur air garam

Berkumur menggunakan air garam bisa membantu untuk menenangkan tenggorokan dan juga membersihkan lendir yang ada di dada. Selain bisa memecah lendir, berkumur dengan garam hangat juga dapat menghilangkan iritasi. Untuk melakukannya, masukkan setengah sendok teh garam pada segelas air hangat. Selanjutnya, berkumur dengan air tersebut sebanyak tiga kali sehari.

2. Menggunakan essential oil

Akhir-akhir ini nama essential oil sepertinya sudah mulai naik. Hal ini dikarenakan kemudahan dalam pemakaiannya, yakni dengan dioles, dihirup, atau diuapkan dengan diffuser. Jika Anda mengalami flu, cobalah untuk menggunakan essential oil lemon, peppermint, eucalyptus, atau kayu manis dengan cara dihirup, dioles di tenggorokan, atau diuapkan.

3. Madu

Madu memang dipercaya memiliki khasiat luar biasa dalam penyembuhan berbagai penyakit, salah satunya adalah flu. Hal ini karena madu mempunyai sifat antimicroba yang dapat membantu melawan virus dan bakteri. Anda bisa meminum madu secara langsung atau mencampurkan pada air hangat untuk melegakan tenggorokan. Satu sendok makan sebanyak tiga kali sehari sudah lebih dari cukup untuk merasakan manfaatnya.

4. Membawa ke dokter

Jika beberapa cara di atas tidak berdampak cukup besar, cobalah untuk memeriksakan diri ke dokter untuk melakukan diagnosis. Flu yang sudah cukup parah memang perlu mendapat perawatan yang lebih ketat untuk mencegah terjadi komplikasi. Ceritakan keluhan yang dirasakan secara jujur kepada dokter agar diagnosis dan penanganan bisa dilakukan dengan tepat.

Cara Mencegah Influenza

Cara paling baik untuk mencegah penyakit ini adalah melakukan vaksinasi. Akan tetapi, biasanya vaksin flu memiliki sedikit kandungan protein telur. Apabila seseorang mempunyai alergi terhadap telur, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Selain vaksin, menerapkan gaya hidup sehat juga bisa membantu untuk mencegah penyakit ini seperti rajin mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan menutup mulut ketika bersin atau batuk.

Meski terlihat tidak cukup berbahaya di awal, namun Anda tidak boleh meremehkan penyakit yang satu ini. Anda harus memiliki pengetahuan yang cukup. Saat ini sudah banyak informasi kesehatan yang bisa diakses dengan mudah, salah satunya adalah SehatQ.com yang sudah memiliki banyak sekali direktori penyakit untuk dipelajari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *