Cara Mengobati Penyakit Asam Urat, Bantu Ringankan Gejala

Asam urat adalah penyakit dimana menyebabkan seseorang mengalami nyeri cukup ngilu bahkan tidak tertahankan. Tidak hanya itu saja, pasiennya biasanya akan mengalami pembengkakan hingga rasa panas pada area persendian.

Penyakit asam urat inipun ternyata bisa terjadi pada semua sendi tubuh terutama tangan, lutut, jari kaki hingga pergelangan.

Seseorang dengan usia diatas 30 tahun, ternyata lebih berisiko untuk terkena penyakit satu ini. Pada wanita, biasanya akan lebih sering terjadi ketika telah melewati masa menopause.

Rasa sakit dan nyeri yang dialami oleh para pasiennya biasanya akan berlangsung dalam kurun waktu sekitar 10 hari. Walaupun demikian, gejala masing-masing pasien kemungkinan akan berbeda.

Cara Mengobati Penyakit Ini

Risiko penyakit inipun ternyata akan jauh lebih tinggi apabila keluarga ada yang mengalaminya, terjadinya cedera, mengkonsumsi makanan dengan kandungan purin tinggi, hingga akibat dari konsumsi jenis obat-obatan tertentu.

Untuk mengobati dan mengatasi kondisi tersebut sebenarnya sangat mudah dilakukan asalkan anda sabar dan tetap dalam pengawasan dokter. Nah, berikut beberapa cara yang bisa Anda gunakan dalam mengobatinya.

Pantau Kadar Asam Urat Secara Rutin

Apabila anda sudah memperoleh diagnosis terkena penyakit ini, maka harus melakukan pemantauan kadarnya secara rutin terlebih dahulu. Saat ini, sudah ada alat dimana dapat membantu buat mengetahui jumlah kadar tersebut. Kadar normal biasanya adalah dibawah 6 mg/dL untuk perempuan dan 7 mg/dL untuk pria.

Mengkonsumsi Obat dari Dokter

Ketika anda sudah memeriksakan kondisi pada dokter, maka jangan lupa konsumsi obat dari dokter. Sebab dokter akan mengetahui resep obat paling tepat sesuai dengan kondisi pasiennya. Beberapa jenis obat yang diberikan seperti colchicine dan allopurinol. Hindari konsumsi obat-obatan tanpa pengawasan dokter.

Cobalah Melakukan Olahraga Tertarur

Selama masih menjalani proses pengobatan, maka sangat penting agar tetap bergerak aktif dengan cara berolahraga. Perlu diingat bahwa pemilihan olahraga memang harus selektif dan hindari aktivitas fisik secara berlebihan seperti cukup melakukan peregangan saja.

Jangan lupa agar penyakit tersebut bisa sembuh, tetaplah menjaga berat badan agar tidak sampai berlebihan dan jangan lupa mengkonsumsi air putih secara rutin. Penyakit asam urat inipun memang tidak boleh disepelekan begitu saja karena bisa menyebabkan pasien merasa tidak nyaman dengan gejalanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.