Tips Irit Bensin Motor Matic! Sederhana Tetapi Sangat Bermanfaat

Motor matic memang masih menjadi salah satu pilihan bagi banyak orang baik pria maupun wanita. Tetapi sayangnya, kendaraan inipun justru dikenal karena lebih boros dibandingkan dengan tipe manual. Itulah mengapa tak jarang banyak pemiliknya mencari tips irit bensin motor matic sehingga bisa menghemat dana untuk bensin.

Namun perlu diingat juga bahwa bensin yang boros pada kendaraan inipun bisa saja disebabkan karena kesalahan dalam penggunaannya. Kesalahannya sendiri sangat beragam seperti pengguna tidak pernah melakukan perawatan sama sekali pada kendaraan. Jelas akan membuat mesin harus bekerja lebih ekstra bukan sehingga secara tidak langsung berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar.

Tips Atasi Bensin Boros Motor

Jika anda adalah pemilik jenis kendaraan matic, tentu ingin lebih hemat dalam penggunaan bensin bukan? sebenarnya untuk lebih hebat tidaklah sulit dilakukan tetapi memang tidak banyak orang mengetahuinya. Berikut, kami sudah rangkumkan beberapa cara supaya bensin tetap bisa digunakan dalam waktu lama.

Cobalah Menggunakan Bahan Bakar Beroktan Tinggi

Cara pertama yang bisa dicoba adalah dengan memanfaatkan bahan bakar dengan oktan tinggi. Seperti pertamax, pertalite ataupun bahkan pertamax plus. Tidak hanya membuat bensin semakin irit dan dapat diandalkan saat perjalanan jauh, tetapi akan berpengaruh terhadap tarikan motor dimana jauh lebih enteng.

Lihat Sistem Pengapian

Ini khusus bagi para pemilik motor dimana masih terdapat karburator didalamnya, disinilah Anda harus melakukan pengecekan secara berkala sehingga sistem pengapiannya mampu berfungsi dengan baik. Hal tersebut sangat penting karena sistem pengapian berpengaruh terhadap boros tidaknya kendaraan.

Panaskan Mesin Tidak Berlebihan

Memanaskan mesin terlebih dahulu sebelum menggunakannya memang sudah menjadi kebiasaan bagi banyak orang. Tetapi apabila proses pemanasan dilakukan sangat lama maka bisa menyebabkan bahan bakar terbuang begitu saja. Adapun proses pemanasannya sendiri biasanya hanya membutuhkan waktu sekitar 3 hingga 5 menit.

Selain cara diatas, pastikan apabila melakukan penggantian oli secara berkala. Terlebih lagi, oli mempunyai fungsi cukup penting untuk menjaga kendaraan agar tetap optimal. Pastikan menerapkan tips irit bensi motor matic dengan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *